Kecoa mungkin menjadi salah satu serangga yang paling banyak berhubungan dengan manusia. Anda tentunya amat sering bertemu dengan binatang ini di rumah bukan? Hati-hati lho, jika kecoa suka keluyuran di dalam rumah, karena itu pertanda bahwa rumah Anda kotor. Oya? Ya, kecoa adalah serangga perombak bahan organik, dan amat menyukai bahan-bahan yang berbau tajam (mungkin juga busuk atau sedang mengalami proses pembusukan).

Ciri kecoa amat khas: bertubuh pipih, kepala “nyungsep” di bawah pronotumnya yang melebar, berwarna coklat, antenanya panjang, dan kakinya ditumbuhi duri-duri. Pernah dihinggapi kecoa? Bagaimana rasanya? Dijamin, Anda pasti bergidik….jijik sekaligus geli.

Jumlah spesies kecoa cukup beragam: hingga kini tercatat lebih dari 4.500 spesies kecoa telah diidentifikasi. Kecoa yang digolongkan ke dalam ordo Blattaria ini dapat dibagi menjadi lima famili, yaitu Cryptocercidae, Blattidae, Blatellidae, Blaberidae, dan Polyphagidae.

Ada yang tahu tentang fakta - fakta tentang kecoa...????

1. Makanan yang dimakan oleh salah satu kecoa akan dimuntahkan kembali untuk di konsumsi koloninya,
2. Dapat menahan nafas selama 40 menit,
3. Mampu bertahan hidup walau tanpa kepala dan perut terburai,
4. Dapat menghasilkan 40 ekor anakan dalam sebulan untuk setiap betina.
5. Bisa hidup 18 bulan di luar angkasa,
6. Hewan dengan sejuta kuman atau biang kuman penyakit,
7. Kotoran dan urine kecoa mengandung senyawa yang dapat memicu Alergi dan Asma,
8. Mengkonsumsi sisa makanan/sampah yang banyak mengandung bakteri termasuk E-coli.

Lalu, gimana tindakan pencegahan mandiri...???

1. Jangan membiarkan makanan dalam kondisi tidak tertutup,
2. Cucilah semua peralatan masak dan tidak membiarkan peralatan masak dalam kondisi terbukan pada malam hari,
3. Jangan menyimpan kantong plastik, kertas, kardus, dan koran bekas di sekitar dapur,
4. Waspadai jika mencium bau yang sangat khas disekitar lemari pakaian, inilah tanda sarang kecoa.

Namun, untuk membasmi serangga kecoa, bermacam - macam alat pestisida telah di jual di pasaran. Tujuan utamanya untuk membasmi serangga terutama kecoa. Salah satu obat pembasmi serangga yang di jamin mampu membasmi kecoa sampai ke sarangnya adalah GEL-MAX. GEL-MAX adalah obat pembasmi seranggan kategori non-toxic, sehingga aman untuk manusia, terutama anak kecil; hewan peliharaan; dan linkungan.

Tetapi, bagaimanapun juga, beberapa spesies kecoa mempunyai beberapa fungsi yang secara ekologis menguntungkan. P. americana adalah perombak bahan organik. Kita bisa membayangkan jika kotoran manusia, sisa-sisa nasi dan sayur, kayu-kayu busuk, dan semacamnya tidak segera dihancurkan, lantas apakah bumi kita sanggup menampun “sampah” yang sedemikian banyak itu? Nah, sekarang, kita melihat mereka dari sisi mana?

sumber:
angzcommerz.com
ilmuseranggan.wordpress.com